• Metode Ilmiah

    Objek Kajian Biologi diperoleh melalui suatu langkah-langkah atau proses yang sistematis dan objektif  yang dikenal dengan metode ilmiah. langkah-langkah metode ilmiah sangat beragam dan variasi, namun secara umum terdiri dari :
    1. Perumusan Masalah
    Merumuskan masalah yang akan ditemukan/dicari jawabannya, dan alternatif pemecahannya. Dalam rangka menyusun permasalahan untuk eksperimen, perlu diperhatikan hubungan antara variabel bebas dengan variabel terikat. ada 3 cara dalam merumuskan masalah permasalahan, yaitu :
    a. Apakah Variabel bebas berpengaruh terhadap variabel terikat objek eksperimen ?
    b. Bagaimana pengaruh Variabel bebas terhadap variabel terikat objek eksperimen ?
    c. Apakah ada hubungan antara variabel bebas dengan variabel terikat objek eksperime ?
        Variabel merupakan faktor-faktor yang memengaruhi yang memiliki nilai (ukuran tertentu) dan dapat diubah atau berubah. Macam-macam variabel antara lain :
    •  Variabel bebas : faktor yang sengaja diubah.
    •  Variabel terikat : faktor yang dipengaruhi
    faktor yang memengaruhi (variabel bebas) misalnya pupuk fosfat. objek yang akan diteliti adalah kedelai. faktor yang dipengaruhi (Variabel terikat) adalah produksi biji kedelai.
    Rumusan masalah berbunyi : adakah pengaruh pupuk fosfat terhadap produksi biji kedelai?
    Layak tidaknya eksperimen dilakukan, dapat ditentuka oleh :
                 1. objek eksperimen yg mudah diperoleh
                 2. waktu relatif singkat
                 3. harganya relatif murah dan terjangkau

         2.  Melakukan observasi
    Dengan pengamatan secara langsung atau dengan alat bantupada suatu kejadian atau peristiwa yang dapat digunakan sebagai petunjuk.

        3. Menyusun Hipotesis
    menyusun dugan sementara atas pertanyaan yg menyebabkan timbulnya suatu kejadian atau peristiwa. ada 2 macam hipotesis dalam eksperimen :
    a. Hipotesis alternatif : dugaan yg menyatakan ada pengaruh
    b. Hipotesis nol : dugaaan yg menyatakan tidak ada pengaruh. contohnya : tdk ada pengaruh penambahan bumbu penyedap pada pertumbuhan tanaman jagung.

       4. Melakukan Eksperimen
    merupakan suatu kegiatan yang sistematis dan teratur yang sengaja dibuat oleh ilmuwan sehingga mendapatkan petunjuk yang dapat dipercaya untuk menguji kebenaran hipotesis (hipotesis dapat benar /salah setelah diuji).

       5. Menarik kesimpulan
    jika beberapa eksperimen menghasilkan kesimpulan yang mendukung hipotesis maka hipotesis tersebut dapat dijadikan sebagai teori, tetapi teori ini masih memerlukan beberapa pengujian maka eksperimen akan terus berlanjut.

0 komentar:

Poskan Komentar

Jangan ragu untuk berkomentar ya....